Pengertian Program Linier
Program linier adalah suatu cara untuk
menyelesaikan persoalan tertentu berdasarkan kaidah matematika dengan
menyelidiki model matematikanya (dalam bentuk sistem pertidakasamaan
linier) yang memiliki banyak kemungkinan penyelesaiaan. Dari sekian
banyak penyelesaiaan itu, kita pilih penyelesaian yang optimal. Artinya,
yang memenuhi syarat sistem pertidaksamaan linier tadi.
Penyelesaian pertidaksamaan pada diagram cartesius, caranya sebagai berikut:
- Jika garis itu tidak melalui titik (0,0) maka ambilah titik lain sebagai titik uji, yaitu (0,0)!
- Jika garis itu melalui titik (0,0) maka ambilah titik lain sebagai titik uji (ambil sembarang selain titik (0,0))!
1) Langkah-langkah atau cara membuat grafik x - y≤ 4
- Buatlah grafik fungsi linier: x - y = 4 atau y = x - 4
-
Ujilah dengan cara mensubtitusikan (0,0) pada fungsi linier y = x - 4, sehingga didapat: 0 - 0 ≤ 4 ↔ 0 ≤ 4 atau 4 ≥ 0 (benar)
- Arsirlah Himpunan penyelesaiaannya (bidang yang memuat titik (0,0)).
2) Grafik fungsi linier y ≥ 2x ↔ 2x - y ≥ 0
- Buatlah grafik: y = 2x
-
Karena grafik fungsi tersebut ternyata melalui titik (0,0), maka ujilah dengan titik sembarang (selain (0,0)), misal kita ambil titik (2,1), kemudian disubstitusikan pada persamaan grafik di atas, sehingga didapat: 4 - 1 ≥0 ↔ 3 ≥ 0 (ini salah).
- Arsirlah HP-nya (bidang yang tidak memuat titik (2,1)).
3) Menentukan titik optimum, maksimum dan minimum.
Tentukan Hp dari 2x + 5y ≤ 10 dan 4x + 3y ≤ 12.
-
Menentukan titik optimum sama halnya dengan mencari irisan dari kedua pertidaksamaan. Caranya, kedua pertidaksamaan diubah menjadi persamaan dengan dua variabel (sementara).
4x + 3y = 12…(2) |x1| ↔ 4x + 3y = 12 -
7y = 8
y = 8/7
y = 8/7 substitusikan ke-(1):
2x + 5 ( 8/7) = 10
↔ 2x = 10 - 40/7 = 30/7
↔ x = 2 1/7
-
Untuk menentukan titik maksimum dan titik minimum, bisa dilihat dari grafik dan persamaan yang ditanyakan.
- Grafiknya :
Dari grafik, jelas terlihat bahwa titik (3,0) dan
titik (0,4) adalah titik yang memungkinkan menjadi titik minimum atau
maksimum (tergantung pada persamaannya).
0 komentar:
Posting Komentar